AB = Air Brake
Abar = Rem
Aspan = As Panas
B = Bagasi
BC = ka Barang Cepat (bisa juga disingkat KABAT)
BP = Bagasi + Power
BH = Bangunan Hikmat (jembatan)
BH = Berjalan Hati-Hati (form)
BK = Berat Kosong
BLB = Berhenti Luar Biasa
BSS = Berjalan Sepur Salah (form)
BV = BanVak
BY = Balai Yasa
DE = Diesel Elektrik
DK = Kepala Distrik Jalan dan Bangunan
DT = Dobel Traksi (?)
DH = Diesel Hidraulik
DC = Daily Check Up
DMU = Diesel Multiple Unit
DAO = Dipo Angkutan Operasional (?)
DirTek = Direktur Teknik
DirOp = Direktur Operasional
DirBangUs = Direktur Pengembangan Usaha
DirPum = Direktur Personalia dan Umum
DirKeu = Direktur Keuangan
EMU = Electric Multiple Unit
Gapeka = Grafik Perjalanan Kereta Api
H = Habis
HSD = High Speed Diesel
JPJ = Juru Pemeriksa/Penilik Jalan
JRA = Juru Api
JRR = Juru Langsir, Juru Rem Rangkai
JRS = Juru Rumah Sinyal
KaDaOp = Kepala Daerah Operasi
KaDiv = Kepala Divisi
KaDivRe = Kepala Divisi Regional
KaUr = Kepala Urusan
KaSi = Kepala Seksi
KaSubSi = Kepala Sub Seksi
KAP = Kereta Api Penolong (form)
KAIS = Kerata Api Inspeksi
KABUS = bukan singkatan (adalah gerbong terakhir yg digunakan pada rangkaian KA Barang, digunakan utk tempat PLKA / KP dengan ukuran sebesar kontainer 20 feet.
Kasus = Karcis Khusus
KBD = Kartu Bukti Diri / Kartu Bulanan Dinas (yang jelas bukan Kagak Bawa Duit)
KRD = Kereta Rel Diesel
KRDE = Kereta Rel Diesel Elektrik (Buatan Indonesia)
KRDI = Kereta Rel Diesel Indonesia (Buatan Indonesia)
KRL = Kereta Rel Listrik
KRLI = Kereta Rel Listrik Indonesia (Buatan Indonesia)
KDG = Kepala Dipo Gerbong
KDK = Kepala Dipo Kereta
KDT = Kepala Dipo Traksi
KLB = Kereta Luar Biasa
KP = Kondektur Pemimpin
KS = Kepala Setasiun
KSB = Kepala Stasiun Besar
KMP = Kereta Makan + Power
KKW = Kereta Ketel + Westinghouse (rem angin ?)
KR = Kepala Ruas
KT = Kereta Tidur
KN = Kepala Divisi Niaga
Lapka = Laporan Kereta Api
LGS = langsir (kt kerja), langsiran (kt benda)
LHM = Laporan Harian Masinis
LokPen = Lokomotif Penolong / Pendukung (?)
Lokpd = Lokomotif Pendorong
LPT = Lok Pengganti
MALKA = Maklumat Perjalanan Kereta Api (Berlaku selama jangka waktu yang ditetapkan)
Mas = Masinis
M = Makan (Kereta Makan) / bila disambungkan dengan huruf lain seperti KM, bila berdiri sendiri M = KOMPARTEMEN (RALAT)
MC = Motorized Car / Monthly Check Up
MD = Mesin Diesel / Motor Diesel (RALAT)
MD = Mulai Djalan, Mulai Dioperasikan
MG = Main Generator
MS = Perintah Melalui Sinyal Tidak AMan (Perintah MS - Form)
NKV = Kepala Sub Divisi Pembukuan Niaga
PAP = Pengawas Peron
PC = Power Car
PJ = Penilik Jalan
PJL = Perlintasan JaLan (?)
PPK = Pemberitahuan tentang Perjalanan Kereta Api (Berlaku selama 1 bulan)
PK = Pusat Kendali (Pusat Komunikasi)
PKST = Pekerja Stasiun
PL = Peritiwa Luar Biasa
PLKA = Pelayan Kereta Api (maksudnya : teknisi)
PLH = Peristiwa Luar-biasa Hebat
PLB = Perjalanan Luar Biasa
PPKA = Pengatur / Pemimpin Perjalanan Kereta Api
Perka = Perjalanan Kereta Api
PTP = Pemberitahuan Tentang Persilangan
PUK = Pengawas Urusan Kereta
PLKA = Pelayan Kereta Api
PA = Pemeriksaan Akhir
PA YAD = Pemeriksaan Akhir Yang Akan Datang
PRAMI = Pramugari
PRAMA = Pramugara
POLSUSKA = POLisis kuSUS Kereta Api
R = Rebuilt
R = Reglemen
RH = Rehabilitasi (ex konservasi)
RM = Rencana Muatan
RinJa = Rintangan Jalan
S = Semboyan
SAP = Surat Angkutan Percuma
SK = Kepala Seksi Jalan dan Bangunan
SKAB = sistem kereta api blok
SINTELIS = Sinyal Telekomunikasi dan Listrik
SINTEL = Sinyal Telekomunikasi
SETK = Selubung Engkol Tekanan Kelebihan
T = Tabel
TasPat = Pembatasan Kecepatan
TC = Trailing Car / Traction Car (?)
TS = Tegangan Statis / Train Set (?)
TEM = Telegram Maklumat (Berlaku selama 1 hari)
TELIS = TELekomunikasi dan LIStrik
Wasi = Pengawas Seksi
WasTek = Pengawas Teknik
(Sumber: keretapi@yahoogroups.com)
Bung Hanafi, kalau punya referensi disertakan singkatan yg pernah dipakai di Kereta Api seperti :
ReplyDeleteSAGW,SBGW (kelas executive Bima)
AW, BW, CW (Kereta penumpang K1, K2, K3)
DW (Kereta bagasi)
DPW, DPPW.
Sekalian istilah dan rambu2 perkeretaapian di Indonesia.
Trims, +++Iwan
Kalo mau lebih lagi tentang rambu2 / semboyan perkeretapian bisa dilihat pada link ini:
ReplyDeletehttp://ka-thok.blogspot.com/
Punyanya om Purwo.
KBD itu cuma untuk pegawai aja ya atauy bisa untuk orang yang biasa?
ReplyDeleteKalau tangga khusus untuk menaiki pintu kereta api itu, apa sih namanya?
ReplyDeleteKalau di pesawat terbang kan ada istilah pax step.
Terima kasih.
This comment has been removed by a blog administrator.
DeleteBancik kalo gk salah
DeleteSingkatan gerbong NR apa ya ?
ReplyDeleteNood Ritjugen
Deletemin request sejarah perkeretaapian di indo
ReplyDeleteKalo stiap aku naik kereta api,selalu ada tulisan di karcis(kereta api) tapi aku tidak pernah lihat apinya ..apakah api itu singkatan...??mohon jawabanya
ReplyDeleteMungkin gak karena bahasa Indonesianya tidak diupdate dgn perkembangan zaman. . .dulu sekali waktu masih memakai kayu bakar atau batu bara ada api yg membakar utk menghasilkan uap yg menggerakan kereta. Tapi sekarang kan ada kereta listrik dan lainnya, tp namanya perusahaanya tetap "kereta api Indonesia" KAI...
DeleteTapi emang ada apinya kok kalo lokomotif nya kobong
DeleteLD itu artinya apa min
ReplyDeleteLuar Dinas
DeleteEKS di tiket, artinys aoa Mas Min?
ReplyDeleteJPJ it ada tingkatan golongan na min?
ReplyDeleteSF apa ya min?
ReplyDeleteSusunan Faormasi
DeleteKpjr apa min ?
ReplyDeleteKereta Pemeriksa Jalan Rel
DeleteBO apa artinya bang?
ReplyDeleteMaksud J i apa min
ReplyDeletePJL > PETUGAS JAGA LINTASAN
ReplyDelete