Monday, November 10, 2008

Bogor-Sukabumi in the middle of 2005

Pada pertengahan tahun 2005 saya bersama Saleh, Indra Krisna & Pak Djoko (UNIKA Semarang) beserta beberapa kru dari PT. KA mencoba menelusuri jalur di lintas antara stasiun Bogor hingga Sukabumi dengan menggunakan lori. Pemberangkatan dilakukan pada pagi hari dari stasiun Bogor sekitar pukul 07.30, dan siang harinya barulah sampai di stasiun Sukabumi. Kamipun tdk dapat berlama2 di stasiun Sukabumi, dan harus segera kembali ke Bogor dikarenakan pada sore harinya KRD tujuan Sukabumi harus sudah diberangkatkan dari Bogor. Sementara sepanjang stasiun Bogor-Sukabumi tdk ada tempat yang layak untuk bersilang antara KRD dengan lori tersebut.

Disaat sedang menggunakan lori ini, adalah juga merupakan saat-saat terakhir dimana KRD jurusan Bogor-Sukabumi ini akan segera mengakhiri masa dinasnya. Banyak sekali alasan kenapa KRD Bogor-Sukabumi ini harus "mati" untuk sementara waktu, diantaranya:
* Kondisi KRD itu sendiri yang sudah tidak layak beroperasi.
* Kondisi rel sepanjang jalur itu sendiri yang sudah sangat memprihatinkan.
* Belum lagi beberapa kondisi pemukiman padat penduduk yang sangat rapat sekali dengan rel.
Sehingga mungkin hal inilah yang dijadikan pertimbangan oleh PT KA untuk menonaktifkan jalur tersebut.

Namun untuk saat ini mungkin kita bisa sedikit bergembira, karena akan ada kabar baik untuk jalur tersebut dimana akan diaktifkannya kembali lintas Bogor-Sukabumi di penghujung tahun 2008 ini.

Berikut ini foto beberapa stasiun sepanjang Bogor hingga Sukabumi:

1. Batutulis











2. Maseng











3. Cigombong











4. Cicurug











5. Parungkuda











6. Cibadak











7. Karangtengah











8. Cisaat











9. Sukabumi











Dan setelah di Sukabumi ada hal yang menarik disini, yaitu mengikuti proses pemutaran si lori tersebut di ujung emplasemen stasiun Sukabumi.


Demikian sedikit cerita hasil dari jalan-jalan dengan menggunakan lori milik PT KA.


6 comments:

Slam said...

Mas Hanafi kalau mau minjam lori PT KA DAOP 1. Syarat-² nya apa yahh...

Blognya bagus banget...
Saya lagi belajar bikin blog

hanafi spoorwegen said...

Coba hubungi Humas Daop1 aja di stasiun Jakarta Kota, bisa minta informasi disana.

Thanks.

aditya said...

wah senangnya, sy jd mupeng :D

etapi bukannya skrng jalur bogor - sukabumi sudah ditutup ?

tito said...

wong relnya udah idup lagi kok-tito.s.kamil (titotea.blogspot.com)

tiket kereta said...

Akhirnya kereta sukabumi berjalan lagi, cmn untuk kereta baru ini sy blom pernah coba, katanya gerbongnya baru2 yah?

suheri said...

saya asli dan tinggal bogor aja belum pernah coba mas ke sukabumi..naik krdnya...penegen banget sih mas...tau nih....fiew dan suasananya...indah banget..