Foto ini saya persembahkan untuk seorang masinis yang bernama Andi Supandi, dan pada saat foto ini diambil adalah merupakan tugas terakhir yang dijalankan oleh Pak Andi sebagai masinis yang akan membawa rangkaian KA 4 (Argo anggrek malam) dimana beliau pensiun pada tanggal 1 agustus 2008.
Pada dinasan terakhir ini pak Andi didampingi oleh pak Solihin, dan kebetulan pak solihin ini adalah merupakan anak didik langsung dari pak andi dimana pertama kali dinasan dia sebagai masinis, yang membimbingnya adalah pak Andi.
Antara Senior dan Junior, mungkin judul itulah yang tepat untuk foto kedua orang masinis ini.
Terimakasih pak Andi, yang telah 35 tahun mengabdi sebagai pegawai kereta, mulai dari PJKA, PERUMKA, PT. KAI hingga PT. KA (Persero). Dan juga pak Andi telah membawa saya bepergian naik kereta api dengan aman dan selamat.
Selamat jalan pak Andi Supandi, semoga sukses selalu di tempat yang baru.
Kereta api Indonesia, KRL, Lokomotif, Argo Bromo, Argo Gede, Argo Lawu, Cerita gerbong, Trainset, Wagon, Locomotive shed, station, railway station, train history and train specification
Tuesday, August 26, 2008
Monday, August 25, 2008
DATA TEKNIK LOKOMOTIF BB 303
> DIMENSI
1 Lebar sepur (track gauge) 1067 mm
2 Panjang body 1120 mm
3 Jarak antara alat perangkai 12320 mm
4 Lebar badan (body) 2800 mm
5 Tinggi maksimum 3690 mm
6 Jarak gandar 2200 mm
7 Jarak antar pivot 5800 mm
8 Diameter roda penggerak 904 mm
9 Diameter roda idle -
10 Tinggi alat perangkai 760 mm (+15, -10 mm)
> BERAT
1 Berat kosong 39.6 ton
2 Berat siap 42.8 ton
3 Berat Adhesi 42.8 ton
> MOTOR DIESEL
1 Tipe MTU 12V 493 TW10 (01-42) & MTU 12V 396 TC42 (43-57)
2 Jenis 4 langkah, turbocharger
3 Daya Mesin 1010 HP
4 Daya ke Generator/Converter 940 HP
> MOTOR TRAKSI/CONVERTER
1 Jumlah motor traksi 1
2 Tipe motor Voith L 520 r U 2
> PERFORMANSI
1 Kecepatan maksimum 90 km/jam
2 Gaya tarik maksimum (adhesi) 8998 kgf
3 V min kontinyu 14 km/jam
4 Jari-jari lengkung terkecil 80 m
> Kapasitas
1 Bahan bakar 1700 lt
2 Minyak pelumas 170 lt
3 Air pendingin -
4 Pasir 285 lt
> Lain-lain
1 Sistem rem Udara tekan, parkir
2 Tipe kompresor Knorr VV 450/150
Tuesday, August 19, 2008
Prosesi Kedatangan KRL Seri 8000 di Tanjung Priok
Setelah cukup lama menunggu kedatangan KRL Seri 8000 dari Jepang ke Indonesia, akhirnya KRL tersebut datang juga ke Plabuhan Tanjung Priok dengan Kapal Calmy Coral.
Berikut kronologisnya:
1) Pada tanggal 31 juli 2008 sekitar jam 19.00, datanglah rangkaian NR KRD dari markasnya di Bukit Duri masuk ke dalam area pelabuhan di sekitar gudang 208. Kedatangan KA tsb adalah untuk menjemput KRL ex Jepang dgn seri 8612 yang baru tiba di Jakarta.
2) KRL ex Jepang tsb masih berada dalam lambung kapal yg bernama CALMY CORAL.
3) Di dalam kapal tersebut terdapat dua set KRL atau delapan gerbong yang sedang dipersiapkan untuk dikeluarkan.
4) Dengan kerja yang cukup keras dilakukan oleh tim dari PT KA ini, akhirnya pada keesokan pagi harinya , tepatnya sekitar jam 06.00, barulah semua KRL selesai dikeluarkan. Terlihat bahwa prosesi ini dikerjakan secara nonstop mulai dari malam hingga pagi harinya.
5) Menjelang stasiun Pasoso, KRL yang akan dibawa ke Manggarai sempat tertahan cukup lama yang diakibatkan oleh KA 2203 yang sedang melakukan bongkar muat container.
6) KRL yang telah tersedia di emplasemen stasiun tanjung priok siap diberangkatkan menuju Manggarai.
Berikut kronologisnya:
1) Pada tanggal 31 juli 2008 sekitar jam 19.00, datanglah rangkaian NR KRD dari markasnya di Bukit Duri masuk ke dalam area pelabuhan di sekitar gudang 208. Kedatangan KA tsb adalah untuk menjemput KRL ex Jepang dgn seri 8612 yang baru tiba di Jakarta.
2) KRL ex Jepang tsb masih berada dalam lambung kapal yg bernama CALMY CORAL.
3) Di dalam kapal tersebut terdapat dua set KRL atau delapan gerbong yang sedang dipersiapkan untuk dikeluarkan.
4) Dengan kerja yang cukup keras dilakukan oleh tim dari PT KA ini, akhirnya pada keesokan pagi harinya , tepatnya sekitar jam 06.00, barulah semua KRL selesai dikeluarkan. Terlihat bahwa prosesi ini dikerjakan secara nonstop mulai dari malam hingga pagi harinya.
5) Menjelang stasiun Pasoso, KRL yang akan dibawa ke Manggarai sempat tertahan cukup lama yang diakibatkan oleh KA 2203 yang sedang melakukan bongkar muat container.
6) KRL yang telah tersedia di emplasemen stasiun tanjung priok siap diberangkatkan menuju Manggarai.
Wednesday, August 13, 2008
DATA TEKNIK LOKOMOTIF BB 301
> DIMENSI
1 Lebar sepur (track gauge) 1067 mm
2 Panjang body 11770 mm
3 Jarak antara alat perangkai 13380 mm
4 Lebar badan (body) 2800 mm
5 Tinggi maksimum 3660 mm
6 Jarak gandar 2200 mm
7 Jarak antar pivot 6000 mm
8 Diameter roda penggerak 904 mm
9 Diameter roda idle -
10 Tinggi alat perangkai 760 mm
> BERAT
1 Berat kosong 48 ton
2 Berat siap 52 ton
3 Berat Adhesi 52 ton
> MOTOR DIESEL
1 Tipe MTU-MD 12V 538 TB10
2 Jenis 4 langkah, turbocharger
3 Daya Mesin 1480 HP
4 Daya ke Generator/Converter 1300 HP
> MOTOR TRAKSI/CONVERTER
1 Jumlah motor traksi 1
2 Tipe motor Voith L 630 r U 2
> PERFORMANSI
1 Kecepatan maksimum 120 km/jam
2 Gaya tarik maksimum (adhesi) 10920 kgf
3 V min kontinyu 19.5 km/jam
4 Jari-jari lengkung terkecil 80 m
> Kapasitas
1 Bahan bakar 2000 lt
2 Minyak pelumas 3000 lt
3 Air pendingin 500 lt
4 Pasir 300 lt
5 Minyak transmisi 300 lt
> Lain-lain
1 Sistem rem Udara tekan, parkir
2 Tipe kompresor Knorr VV 450/150-10
1 Lebar sepur (track gauge) 1067 mm
2 Panjang body 11770 mm
3 Jarak antara alat perangkai 13380 mm
4 Lebar badan (body) 2800 mm
5 Tinggi maksimum 3660 mm
6 Jarak gandar 2200 mm
7 Jarak antar pivot 6000 mm
8 Diameter roda penggerak 904 mm
9 Diameter roda idle -
10 Tinggi alat perangkai 760 mm
> BERAT
1 Berat kosong 48 ton
2 Berat siap 52 ton
3 Berat Adhesi 52 ton
> MOTOR DIESEL
1 Tipe MTU-MD 12V 538 TB10
2 Jenis 4 langkah, turbocharger
3 Daya Mesin 1480 HP
4 Daya ke Generator/Converter 1300 HP
> MOTOR TRAKSI/CONVERTER
1 Jumlah motor traksi 1
2 Tipe motor Voith L 630 r U 2
> PERFORMANSI
1 Kecepatan maksimum 120 km/jam
2 Gaya tarik maksimum (adhesi) 10920 kgf
3 V min kontinyu 19.5 km/jam
4 Jari-jari lengkung terkecil 80 m
> Kapasitas
1 Bahan bakar 2000 lt
2 Minyak pelumas 3000 lt
3 Air pendingin 500 lt
4 Pasir 300 lt
5 Minyak transmisi 300 lt
> Lain-lain
1 Sistem rem Udara tekan, parkir
2 Tipe kompresor Knorr VV 450/150-10
DATA TEKNIK LOKOMOTIF BB 300
> DIMENSI
1 Lebar sepur (track gauge) 1067 mm
2 Panjang body 10000 mm
3 Jarak antara alat perangkai 11890 mm
4 Lebar badan (body) 2720 mm
5 Tinggi maksimum 3700 mm
6 Jarak gandar 2000 mm
7 Jarak antar pivot 5000 mm
8 Diameter roda penggerak 904 mm
9 Diameter roda idle -
10 Tinggi alat perangkai 760 mm
> BERAT
1 Berat kosong 33.6 ton
2 Berat siap 36 ton
3 Berat Adhesi 36 ton
> MOTOR DIESEL
1 Tipe (MB) 820 B, Maybach Mercedes Benz
2 Jenis 4 langkah
3 Daya Mesin 680 HP
4 Daya ke Generator/Converter 625 HP
> MOTOR TRAKSI/CONVERTER
1 Jumlah motor traksi 1
2 Tipe motor Krupp 2 WZLI - 15
> PERFORMANSI
1 Kecepatan maksimum 75 km/jam
2 Gaya tarik maksimum (adhesi) 7560 kgf
3 V min kontinyu 10 km/jam
4 Jari-jari lengkung terkecil 80 m
> Kapasitas
1 Bahan bakar 1500 lt
2 Minyak pelumas 120 lt
3 Air pendingin 450 lt
4 Pasir 350 lt
5 Minyak transmisi 220 lt
> Lain-lain
1 Sistem rem Udara tekan, parkir
2 Tipe kompresor Erhard & Schmer Westinghouse ISO 105
1 Lebar sepur (track gauge) 1067 mm
2 Panjang body 10000 mm
3 Jarak antara alat perangkai 11890 mm
4 Lebar badan (body) 2720 mm
5 Tinggi maksimum 3700 mm
6 Jarak gandar 2000 mm
7 Jarak antar pivot 5000 mm
8 Diameter roda penggerak 904 mm
9 Diameter roda idle -
10 Tinggi alat perangkai 760 mm
> BERAT
1 Berat kosong 33.6 ton
2 Berat siap 36 ton
3 Berat Adhesi 36 ton
> MOTOR DIESEL
1 Tipe (MB) 820 B, Maybach Mercedes Benz
2 Jenis 4 langkah
3 Daya Mesin 680 HP
4 Daya ke Generator/Converter 625 HP
> MOTOR TRAKSI/CONVERTER
1 Jumlah motor traksi 1
2 Tipe motor Krupp 2 WZLI - 15
> PERFORMANSI
1 Kecepatan maksimum 75 km/jam
2 Gaya tarik maksimum (adhesi) 7560 kgf
3 V min kontinyu 10 km/jam
4 Jari-jari lengkung terkecil 80 m
> Kapasitas
1 Bahan bakar 1500 lt
2 Minyak pelumas 120 lt
3 Air pendingin 450 lt
4 Pasir 350 lt
5 Minyak transmisi 220 lt
> Lain-lain
1 Sistem rem Udara tekan, parkir
2 Tipe kompresor Erhard & Schmer Westinghouse ISO 105
Between Two Seasons
Bagi sebagian orang awam, melihat stasiun dengan kondisi kering adalah suatu hal yang biasa. Namun tidak dengan para railfan, dimana jika melihat stasiun Semarang Gudang pada saat kering adalah suatu hal yang cukup langka.
Karena dalam kurun waktu setahun saja dapat dipastikan bahwa di stasiun Semarang Gudang lebih sering terendam air daripada kondisi kering, sehingga disaat kering dapat terlihat sisa rel yang masih ada dan masih bisa dilalui kereta untuk melakukan kegiatan langsiran.
Biasanya lok yang melangsir gerbong pusri di stasiun ini hanya lok D301xx, karena lok tersebut masih dapat menembus genangan air yang berada di atas rel kereta.
Karena dalam kurun waktu setahun saja dapat dipastikan bahwa di stasiun Semarang Gudang lebih sering terendam air daripada kondisi kering, sehingga disaat kering dapat terlihat sisa rel yang masih ada dan masih bisa dilalui kereta untuk melakukan kegiatan langsiran.
Biasanya lok yang melangsir gerbong pusri di stasiun ini hanya lok D301xx, karena lok tersebut masih dapat menembus genangan air yang berada di atas rel kereta.
Tuesday, August 12, 2008
Tandjong Priok Blues
Setiap sore hari menjelang maghrib, barulah “aktifitas” di sekitar stasiun Tanjung Priok terlihat. Ada yang mulai menyalakan lampu dibalik tenda birunya ataupun menggelar lapak di emplasemen stasiun untuk sekedar bisa tidur.
Yah… Memang beginilah nasibmu stasiun Tanjung Priok hingga saat ini. Stasiun yang dirancang oleh C.W. Koch dan mulai diresmikan pada tanggal 6 April 1925 itu, merupakan jalur kereta api listrik pertama yang dioperasikan dan menghubungkan antara Stasiun Tanjung Priok sampai dengan stasiun Jatinegara. Namun di sisi lain stasiun Tanjung Priok juga pernah beberapa kali digunakan sebagai tempat shooting baik video klip maupun iklan. Seperti pada grup band Ungu dan Agnes Monica yang telah menggunakan tempat ini untuk dijadikan sebagai video klip mereka.
Yah… Memang beginilah nasibmu stasiun Tanjung Priok hingga saat ini. Stasiun yang dirancang oleh C.W. Koch dan mulai diresmikan pada tanggal 6 April 1925 itu, merupakan jalur kereta api listrik pertama yang dioperasikan dan menghubungkan antara Stasiun Tanjung Priok sampai dengan stasiun Jatinegara. Namun di sisi lain stasiun Tanjung Priok juga pernah beberapa kali digunakan sebagai tempat shooting baik video klip maupun iklan. Seperti pada grup band Ungu dan Agnes Monica yang telah menggunakan tempat ini untuk dijadikan sebagai video klip mereka.
Subscribe to:
Posts (Atom)
Popular Posts
-
Berikut ini adalah beberapa profil mengenai kereta api untuk kelas ekonomi : BENGAWAN Kereta api Bengawan merupakan kereta api kelas ekonomi...
-
Kepada rekan-rekan railfan yang ingin lebih mengetahui tentang beberapa singkatan yang lazim digunakan di lingkungan PT KA, berikut ini saya...
-
Masih ada kaitannya dengan wikikeretapi (alias wikinya kereta api, hehe.. maksa dikit lah), kali ini akan dibahas segala macam yang berkaita...
-
Rangkaian kereta api terdiri dari minimal dua unit kendaraan untuk bisa melayani angkutan penumpang atau barang. Hanya bis rel yang bisa ber...
-
Dalam membahas suatu cerita tentang perkeretapian sebenernya ada beberapa istilah yang mungkin kita belum pernah mengetahui sebelumnya, atau...
-
Daftar Nama Stasiun Kereta Api Menurut Abjad di Pulau Jawa dan Beberapa Daerah Lainnya : A Alastuwa = Ata Ambarawa = Abr Andir...
-
Berikut ini adalah beberapa profil mengenai kereta api untuk kelas eksekutif : BIMA Bima adalah nama kereta api yang dioperasikan oleh PT Ke...
-
Dalam rangka terselenggaranya pengoperasian perjalanan kereta api yang aman, tertib dan lancar, maka semua pergerakan yang ada diaturlah den...
-
Membalik / menggeser / memindahkan posisi wesel pada umumnya dapat dilakukan dengan tiga cara : (I) Pertama, Cara manual dengan menggunakan ...
-
Semarang adalah satu-satunya kota besar di Jawa yang tidak dilayani Staatsspoorwegen (SS). Tapi sebaliknya dilayani oleh tiga perusahaan ker...