Thursday, October 9, 2008

Loading Container

Dalam proses bongkar muat di sekitar pelabuhan, diperlukan suatu alat berat mengeluarkan isi dari dalam kapal tersebut, salah satu isinya adalah container (Peti Kemas). Berikut ini adalah beberapa alat berat yang umumnya digunakan untuk mengangkat / memindahkan container dari satu tempat ke tempat yang lainnya :

1. Top Loader,

Digunakan untuk memindahkan dgn cara mengangkat container tsb dgn posisi diambil pada bagian atasnya. Kemudian diletakkan pada tempat yang diinginkan, bisa diatas gerbong PPCW ataupun chasis truk trailer.








2. Side Loader,

Memindahkan dgn cara mengambil container tsb pada posisi dari samping.










3. Super Stacker,

Mengangkat container pada bagian atasnya. Biasanya alat ini paling banyak digunakan di sekitar pelabuhan, karena modelnya yg paling flexibel dan kalo sedang di jalan raya tdk memakan banyak tempat karena ujungnya bisa diluruskan sejajar dgn bodi kendaraan tsb.



4. Tango,

Mengangkat/memindahkan tumpukan container biasanya utk diletakkan di atas chasis truk ataupun gerbong kereta api seperti pada stasiun Jakarta Gudang. (Dahulu pd waktu pelabuhan msh ada rel KA-nya juga digunakan alat ini).






5. Quay Container Crane (QCC),

Digunakan untuk mengambil container yang berada di dalam kapal laut, kemudian diletakkan di pinggiran dermaga dan siap utk diangkut dengan truk. Bisa juga langsung diletakkan di atas rangkaian kereta api gerbong PPCW jika pelabuhan tersebut mempunya rel di pinggiran dermaganya.







6. Harbour Mobile Crane (HMC),

Alat ini juga digunakan utk mengambil container dari dalam kapal laut, namun kebihannya selain lebih tinggi adalah, ujung pengangkut dari alat ini dapat diubah2 bentuknya. Misalnya diganti dgn pengait yang model seperti kail. Ini dapat digunakan utk mengangkat barang2 dari kapal yg bentuknya lebih kecil ataupun ringan.






NB:
Ukuran container ini yang biasa dipergunakan adalah 20', 40' (Dry & High Cube) dan 45'.

2 comments:

Anonymous said...

NB: Ukuran container ini yang biasa dipergunakan adalah 20", 40" (Dry & High Cube) dan 45".


maap pak.. kalo saya gak salah..
tanda (") itu berarti Inch.
n setau saia.. ukuran kontener dalam kaki atau "feet"
n tandanya itu (')

kalo salah mohon koreksi.. makasih

hanafi spoorwegen said...

hehe...
Iya om, maklum salah kutip :D

Mksdnya 20', 40' & 45'.

Thx.