Thursday, September 18, 2008

KA Kelas Bisnis

Berikut ini adalah beberapa profil mengenai kereta api untuk kelas bisnis :



FAJAR / SENJA UTAMA YOGYA

Kereta Api dengan relasi antara kota Jakarta dengan kota Yogyakarta untuk kelas bisnis ini ada dua kali keberangkatan dalam sehari. KA Fajar Utama Yogya adalah rangkaian kereta yang berangkat dari Jakarta pada pagi hari, sementara untuk yang berangkat pada malam harinya adalah KA Senja Utama Yogya. Kedua jenis KA ini diberangkatkan dari Jakarta melalui stasiun Pasar Senen dan berakhir di stasiun Tugu, Yogyakarta. Jalur yang dilewatinya adalah lintas jalur selatan, dan berhenti di setiap stasiun besar seperti Cirebon, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo (tentatif) dan Wates (khusus tujuan ke Yogya).


FAJAR / SENJA UTAMA SEMARANG

Rangkaian kereta api dengan kelas bisnis untuk tujuan Jakarta – Semarang setiap harinya diberangkatkan dua rangkaian kereta. Untuk yang berangkat pada pagi hari adalah KA Fajar Utama Semarang, sedangkan untuk yang berangkat di malam hari adalah KA Senja Utama Semarang. Kedua rangkaian ini berhenti di setiap stasiun besar seperti Cirebon (tentatif), Tegal dan Pekalongan. Jalur yang dilewatinya adalah lintas utara, yang berakhir di stasiun Semarang Tawang.


MADIUN EKSPRES

Kereta api Madiun Ekspres (Madeks) merupakan kereta api yang melayani pemerjalanan Surabaya-Madiun dengan layanan kelas bisnis. Kereta api ini berangkat pagi hari dari Madiun dan siang hari dari Surabaya. Kereta api ini berhenti di stasiun Wonokromo, Mojokerto dan Kertosono.




MALANG EKSPRES

Kereta api Malang Ekspres
(Maleks) diluncurkan bulan September tahun 2006 sebagai alat transportasi alternatif tujuan Surabaya-Malang setelah adanya peristiwa Lumpur Lapindo. Kereta ini melayani pemerjalanan dengan kelas bisnis dan dijalankan dua kali sehari (dari Surabaya siang dan sore hari, dari Malang pagi dan siang hari).




MUTIARA SELATAN

Kereta api Mutiara Selatan adalah merupakan kereta kelas bisnis dengan koridor Bandung – Surabaya Gubeng. Berangkat pada sore hari dari stasiun Bandung dan tiba di Surabaya pada pagi hari. Yang paling mengasyikka
n adalah jika kita naik KA Mutiara Selatan dari Surabaya, hal ini dikarenakan di saat menjelang pagi KA tersebut sedang di daerah pegunungan. Mulai dari Cipendeuy hingga Lebak Jero adalah tempat pemandangan terindah dan berhawa sejuk.


SENJA UTAMA SOLO

Kereta api Senja Solo adalah kereta api kelas bisnis yang dioperasikan oleh PT Kereta Api (Persero) dengan rute Jakarta (Pasar Senen) – Solo Balapan dan sebaliknya, dimana waktu pemberangkatan adalah pada malam hari. Beberapa stasiun besar yang disinggahinya di lintas selatan adalah seperti Cirebon, Kroya, Kutoarjo (tentatif) dan Yogyakarta.

0 comments: