Friday, November 21, 2008

KLB Bogie

Pada pagi hari ini, Jum’at tanggal 21 November 2008, merupakan hari yang menyebalkan sekaligus juga mengesankan. Berangkat dari gerbang tol Kebon Jeruk mau ke Tanjung Priok beruntung sekali dapat bis PRIMAJASA yang masih mulus sekali dan interiornya cukup bagus serta AC-nya dingin (biasanya dapetnya kalo nggak bis AJA ya ARIMBI). Sehingga berasa nyaman sepanjang perjalanan. Namun setelah sampai di Tanjung Priok tiba-tiba orang yang gue cari ternyata malah gak ada di tempat. Wah, jadi bt juga nih udah jauh-jauh berangkat koq malah gak ketemu.

Akhirnya gue juga gak mau pusing lah, daripada nungguin dengan waktu yang gak jelas mending langsung aja berangkat ke tempat tongkrongan favorit yaitu dipo JNG. Berangkat dari Tanjung Priok dengan menggunakan bis Patas 43, jurusan Tanjung Priok – Cililitan. Bisnya ngeblong abis-abisan, ditambah suara klakson yang terus menerus sehingga mobil di depannya pada miggir semua. Dan sampailah di Jatinegara, turun di atas jembatan rel kereta api langsung menuju dipo.

Pada saat jalan kaki melewati stasiun Jatinegara tak disangka ternyata ada KLB Bogie yang sedang lewat dari Manggarai, kemudian BLB terlebih dahulu di spoor 3 stasiun Jatinegara. Gak tanggung-tanggung, yang nyusul dua kereta sekaligus yaitu KA Patas Purwakarta dan KA Parahyangan. Ya sudah, mulailah hunting foto di sekitar stasiun tersebut. Sekalian juga tanya ke masinisnya mo kemana KLB ini, dan dia bilang mo dikirm ke INKA, Madiun. Bogie-bogie tersebut diletakkan di atas gerbong PPCW dengan satu gerbong PPCW dapat memuat sebanyak 3 bogie. Kemudian rangkaian KLB Bogie ditarik oleh lokomotif CC20173R.

Dan seperti biasa kereta api apapun yang sedang berhenti di stasiun Jatinegara, selalu ada saja “kambing” yang ikut. Gak cuma kereta penumpang yang dinaiki, gerbong PPCW pun ikut juga ditumpangin ;))






Setelah cukup lama BLB di Jatinegara, KLB Bogie pun siap diberangkatkan.
Selamat jalan KLB Bogie….







Dan gue pun kembali bergegas untuk ke dipo JNG sekalian istirahat dan sholat Jum’at. Setelah maen-maen dari dipo, gue mo balik lagi ke Tanjung Priok naek Patas 43 lagi. Pas lagi lewat stasiun, eh ternyata ada kereta penolong yang abis pulang dinas ditarik sama dua lok sekaligus. Gak tau juga nih abis ada kejadian apaan tadi yah…

Udah gitu naek lah gue ke atas jembatan rel KA, eh ada lagi rangkaian KA Batubara yang sedang membawa kosongan untuk ngambil batubara di Cigading, Merak.

Demikianlah cerita gue dari jalan-jalan iseng ini, yah lumayanlah dapetin momen yang cukup bagus dan bisa menghibur diri gue sendiri, haha.... ;) ;) ;)

3 comments:

sepur said...

Mestinya bogie itu dari BY MRI untuk dikirim PA/PB/RH ke INKA Madiun. ada berapa PPCW. dan berapa bogie?
Sampeyan gak Jum'atan? kok mblakrak.

hanafi spoorwegen said...

meneketehe om... :D
Yang jelas itu bogie yang ada semuanya terlihat baru. Kalo saya tdk salah hitung terdapat 8 gerbong PPCW. Kalau 1 PPCW = 3 Bogie, berarti totalnya ada 24 Bogie.
Aku sempet Sholat Jum'at koq, lha wong poto2 KLB Bogie sampe jam 11.15, abis sholat Jum'at mo plg lwt sta JNG lagi, eh ketemu NR & Batubara kosongan ;) ;)

ConspiracY said...

salam kenal mas . . .

bogienya tuh dari mana yah ?